Bagaimana cara menjadi generasi muda indonesia yang berprestasi

Untuk menjadi generasi muda yang berprestasi, ada dua faktor yang sangat menentukan. Faktor pertama adalah faktor internal. Faktor di dalam diri kita yang bertanggungjawab membentuk pribadi yang tangguh dengan niat yang utuh. Setelah itu, masuklah pada tahap mengenali potensi diri. Tak ada salahnya menjajal kemampuan dan mengasahnya di segala bidang, namun selalu ada potensi unggul yang tak boleh kita lewatkan begitu saja. Bagi sebagian orang, mengenali potensi diri dan menemukan passionnya tidak membutuhkan waktu yang singkat. Kita dianugrahi Tuhan dengan segala kelebihan, untuk itu cari dan terus gali potensi kemudian optimalkan.

Penting juga untuk menyusun target dalam hidup bagi para generasi muda Indonesia. Memiliki target artinya memiliki tujuan hidup. Kita bisa membagi target kita dalam jangka panjang dan jangka pendek. Semacam Visi dan Misi. Misalnya, target jangka panjang saya adalah menjadi profesor sebelum usia 40 tahun. Target jangka pendek saya, saya harus fokus mempelajari satu bidang, kemudian saya harus mendapatkan beasiswa kuliah S2 di Jepang pada usia 26 tahun, dan sebagainya.

Kemudian, kita lakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana capaian prestasi kita. Kebanyakan orang memasang target setiap tahun baru dengan menyebutnya resolusi. Ketika target itu hanya sebagai pelengkap selebrasi tahun baru, sangat disayangkan jika kita tidak mampu meraih apa-apa yang telah kita rencanakan. Salah satu penyebab gagalnya resolusi adalah karena tidak adanya evaluasi. Maka, sekecil apapun yang telah kita capai harus dievaluasi sebagai cambukan bagi kegagalan yang kita telah torehkan juga. Evaluasilah apa yang sekiranya membuat kita gagal meraih pekerjaan impian, apakah kurang bersungguh-sungguh dalam tes? Atau karena faktor penampilan?

Hal yang tidak kalah penting adalah faktor eksternal, faktor penentu prestasi yang bukan datang dari diri kita sendiri. Contohnya adalah lingkungan. Sebuah peribahasa mengungkapkan bahwa jika kita berteman dengan penjual parfum, maka kita akan tertular wanginya. Maka dari itu, bertemanlah dengan orang-orang berprestasi, orang-orang yang terus bergerak untuk maju dan tak pernah puas dengan apa yang telah mereka capai kini. Faktor eksternal lain yang tak kalah penting adalah campur tangan dari Tuhan. Berserah diri setelah mengupayakan segala sesuatu semaksimal mungkin dan biarkan tangan Tuhan yang bekerja untuk kesuksesan kita. By www.genmuda.com

Kaharuddin Eka Putra

Sebuah Blog Layanan Jasa Review Seperti Jasa Review Website | Jasa Review Blog | Jasa Review Produk dan Content Placement. Minat Menggunakan Jasa Blog Qingliangcn.com ? Silakan Kirim Email Melalui halaman Kontak | SMS : 0856-5112-0382

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *